Tips-tips untuk mengatasi kenakalan remaja


Apakah itu kenakalan remaja, apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Disini kita akan bahas itu semua.
Langsung saja !!! 

1.Pengertian
















Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan yang melanggar normaaturan, atau hukum dalam masyarakat yang dilakukan pada usia remaja atau transisi masa anak-anak ke dewasa.
Kenakalan remaja meliputi semua perilaku yang menyimpang dari norma-norma hukum pidana yang dilakukan oleh remaja. Perilaku tersebut akan merugikan dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Nah, sudah tau kan apa itu kenakalan remaja, maka sekarang yang akan kita bahas adalah apakah penyebabnya?
Ada 2 faktor penyebab kenakalan remaja secara umum yaitu:
Kenakalan remaja itu terjadi karena beberapa faktor, bisa disebabkan dari remaja itu sendiri (internal) maupun faktor dari luar (eksternal).
Faktor Internal
  • Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. Pertama, terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Kedua, tercapainya identitas peran. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua.
  • Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku ‘nakal’. Begitupun bagi mereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut, namun tidak bisa mengembangkan kontrol diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.
Faktor Eksternal
  • Keluarga dan Perceraian orangtua, tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga, atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negatif pada remaja. Pendidikan yang salah di keluarga pun, seperti terlalu memanjakan anak, tidak memberikan pendidikan agama, atau penolakan terhadap eksistensi anak, bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja.
  • Teman sebaya yang kurang baik
  • Komunitas/lingkungan tempat tinggal yang kurang baik.


Lalu, Bagaimanakah cara mengatasinya?
Bagaimana mengatasi kenakalan remaja, terutama anak-anak Anda sendiri? Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan seperti yang dilansir Helpguide.org, Rabu (21/1/2015).
1. Menerapkan aturan dan konsekuensi
Pada saat Anda dan anak remaja Anda tenang, maka bicarakanlah tentang aturan di rumah beserta konsekuensinya. Ingat, bicarakan dengan alasan yang masuk akal. Jika anak remaja Anda tidak sepakat, maka berdiskusilah. Jadikan aturan dan konsekuensi yang dibuat sebagai keputusan bersama.
2. Mengungkap ada ada di balik kenakalan remaja
Para orangtua cenderung akan menghakimi anak remaja atas apa yang dilakukannya tanpa mengetahui ada masalah apa di baliknya. Bersikap seperti itu tidaklah adil bagi anak. Jadi, sebelum menghakimi anak yang berbuat nakal, tanya baik-baik apa yang sebenarnya terjadi.
Silakan klik halaman selanjutnya untuk mengetahui cara mengatasi kenakalan remaja.

3. Temukan cara redakan marah
Karena perubahan hormon, remaja akan cenderung cepat marah. Karena itu, salah satu tugas orangtua adalah mengetahui bagaimana cara untuk meredakan marah pada anak tersebut. Banyak hal yang dapat dilakukan, misalnya membiasakan mereka dengan mendengarkan musik, menulis atau bermain game. 
4. Ada bersama anak
Terkadang, orangtua sibuk sendiri. Mereka hanya memberikan uang pada anaknya tapi tidak memberikannya kasih sayang. Hal ini sangat memicu kenakalan remaja. Karena itu, luangkan waktu Anda untuk anak, entah mendengarkan ceritanya atau memberikan solusi atas masalah yang dialaminya. Kebiasaan ini harus dibangun sejak dini.
5. Temukan kesamaan
Para orangtua juga harus mampu temukan kesamaan dengan anak remaja mereka. Dengan menemukan kesamaan, orangtua dan anak remaja dapat melakukan kegiatan bersama sehingga dapat menghindari anak melakukann kegiatan negatif. Misalnya, para ayah dapat mengajak anak lelakinya untuk melihat pertandingan sepak bola, sedangkan ibu dan anak perempuannya dapat pergi belanja ke pusat perbelanjaan.
6. Mendengarkan tanpa memvonis
Ketika Anda sedang berbicara dengan anak, hindarilah ucapan-ucapan yang sifatnya menghakimi, mengejek, menyela dan mengkritik. Sebab, seorang remaja sangat mudah tersinggung, bahkan oleh hal-hal yang sifatnya remeh. Dengan melakukan ini, maka anak remaja Anda akan merasa lebih dihargai.


Itu saja dari saya semoga bermanfaat :) . oh ya tulisan ini bukan 100% hasil pemikiran saya melainkan saya ambil dari beberapa sumber yang bisa kalian kunjungi juga jika ingin mencari informasi-informasi yang lainnya... Berikut sumber-sumbernya: https://id.wikipedia.org/wiki/Kenakalan_remaja

                      http://health.liputan6.com/read/2164123/5-tips-mengatasi-kenakalan-remaja-  untuk-orangtua

Mohon kritik dan sarannya ya, agar saya bisa meningkatkan kualitas tulisan saya di waktu yang akan datang.

                           

           Sekian dan terimakasih. :)




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips-tips untuk meningkatkan kemampuan bermain catur

KELUAR DAR WINDOW MELALUI KEYBOARD